KontraS Sumatera Utara

logokontrassumut

Profil KontraS

Profil KontraS Sumut

KontraS Sumut sudah berdiri sejak tahun 2000 yang merupakan organisasi berbentuk perkumpulan yang terdiri dari individu-individu yang terdaftar sebagai anggota organisasi.. Organisasi ini secara spesifik bekerja dalam melakukan kajian, monitoring, kampanye, dan advokasi Hak Asasi Manusia di Sumatera Utara, khususnya yang berkaitan dengan: Penyiksaan, kekerasan aparat keamanan Negara, penghilangan paksa, konflik agraria dan persoalan-persoalan pembungkaman demokrasi seperti kebebasan berpendapat, beragama dan berkeyakinan, berkumpul, berserikat dan ancaman terhadap pembela HAM.

Saat ini kami sedang aktif dalam melakukan monitoring dan advokasi terhadap kasus-kasus penyiksaan di Sumatera Utara. Selain itu, hingga sekarang kami masih terus konsisten melakukan pendampingan dan pengorganisasian masyarakat korban konflik agraria di wilayah Sumatera Utara.

Secara struktur KontraS Sumut terdiri dari Badan Pengurus dan Badan Pekerja serta dibantu oleh Badan Penasehat yang dipilih setiap tiga tahun sekali melalui mekanisme Musyawarah Umum Anggota. Area kerja yang menjadi focus utama kami berada di Provinsi Sumatera Utara. Namun sebagaimana AD/ART organisasi, cakupan wilayah kerja Kontras Sumut sesungguhnya juga meliputi Riau dan Sumatera Barat.